Bahaya penyakit anemia dan cara mengobatinya

Kali ini kami akan bahas bahaya penyakit anemia dan cara mengobatinya secara alami dan yang lebih ampuh daripada anda mengkonsumsi obat jenis lain apalagi jika mengkonsumsi obat kimia yang tentu akan ada efek sampingnya.

Bahaya penyakit anemia dan cara mengobatinya

Tubuh Anda mudah letih dan gelisah? Bisa jadi Anda menderita anemia alias kurang darah. Mengutip bahasa kedokteran, anemia adalah kondisi tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal, sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi vital dalam tubuh, yakni mengangkut oksigen dari paru-paru dan menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh. Baca juga qnc jelly gamat

Yang patut diketahui, hemoglobin merupakan protein yang kaya dengan zat besi. Sejatinya, sumsum tulang merupakan tempat untuk memproduksi sel darah. Namun, untuk dapat menghasilkan sel darah merah dan hemoglobin, tubuh membutuhkan asupan zat besi.

Bahaya penyakit anemia dan cara mengobatinya
Yang jadi masalah, sebagian besar orang menganggap sepele penyakit anemia. Padahal, anemia merupakan penyakit berbahaya. Sederhananya, jika suplai sel darah merah kurang, tubuh penderita anemia akan kekurangan oksigen yang pada akhirnya menghambat produksi energi.

Makanya, jangan heran jika penderita anemia mudah merasa lemah, letih dan lesu, gelisah, bahkan terkadang sesak. Gejala lain bisa berupa warna pucat di beberapa bagian tubuh, seperti lidah dan kelopak mata.

“Anemia terjadi kalau tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah, kehilangan sel darah merah atau mematikan sel darah merah,” ujar Titi Sekar, dokter ahli gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, kemarin. 

Secara singkat, ada beberapa penyebab utama anemia. Pertama, kekurangan zat besi atau iron deficiency anemia. Kedua, kekurangan vitamin B12 dan asam folat atau vitamin deficiency anemia. Ketiga, karena menderita penyakit kronis tertentu atau anemia of chronic disease, seperti gagal ginjal, kanker dan HIV/AIDS yang berujung menjadi anemia kronis.

Ada juga faktor aplastic anemia yang disebabkan oleh berkurangnya kemampuan sumsum tulang belakang memproduksi sel darah. Namun, jenis ini sangat jarang terjadi. Faktor lain yakni hemolytic anemia atau kondisi ketika sel darah merah hancur lebih cepat dan sumsum tulang belakang tidak mampu mengimbanginya dengan memproduksi sel darah merah pengganti.

Dalam kehidupan sehari-hari, Titi dan Monique, dokter ahli gizi RS Awal Bros Tangerang, berbagi informasi perihal sejumlah faktor yang bisa membuat anemia hinggap pada tubuh Anda.

Pertama, rendahnya asupan gizi pada makanan. Kedua, gangguan kesehatan usus kecil atau pendarahan. Ketiga, menstruasi pada wanita dewasa yang berkepanjangan. Keempat, kehamilan. Terakhir, genetik.

“Infeksi tertentu, seperti gangguan pada darah dan autoimun, terkena racun kimia, serta penggunaan obat-obatan yang berpengaruh pada produksi sel darah merah juga mengakibatkan kekurangan darah, termasuk karena diet ketat dan tidak seimbang gizi sehingga kekurangan zat besi,” imbuh Titi.

Seberapa berbahaya anemia? Bagi penderita anak-anak, menurut Monique, anemia menghambat tumbuh kembang. Anak-anak juga menjadi rentan terhadap penyakit. Bahkan, anemia bisa mengurangi kecerdasan anak-anak. Informasi saja, bayi prematur dan bayi kembar rentan terhadap anemia.

Sementara, bagi ibu hamil, anemia bisa meningkatkan risiko terjadinya pendarahan pasca persalinan, termasuk kelainan sistem peredaran darah (kardiovaskuler). Anemia juga dapat berdampak terhadap janin. Misalnya, berat badan bayi lahir rendah, kematian janin atau hidrops.

Untuk mengobati anemia atau kekurangan sel darah merah kami menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat jelly gamat. Obat ini sudah terbukti ampuh untuk pengobatan berbagai penyakit bagi anda yang ingin mengkonsumsinya silahkan beli di qnc jelly gamat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya penyakit anemia dan cara mengobatinya"

Poskan Komentar