Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh

Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh -, Jahe adalah tanaman obat berbentuk tumbuhan rumpun berbatang semu. Jahe datang dari Asia Pasifik yang menyebar dari india hingga Cina. Oleh karenanya ke-2 bangsa ini disebut-sebut juga sebagai bangsa yang pertama kali memakai jahe terlebih juga sebagai bahan minuman, bumbu masak serta obat-obatan tradisional. Jahe termasuk juga dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), sefamili dengan temu-temuan yang lain seperti temulawak (Curcuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan sebagainya.

Jahe merah rimpangnya berwarna merah serta lebih kecil daripada jahe putih kecil, jahe merah senantiasa dipanen sesudah berusia tua. Jahe ini mempunyai kandungan minyak atsiri tertinggi dibanding dengan 2 klon yang lain, hingga pas untuk ramuan obat-obatan mulai sejak dahulu jahe dipakai juga sebagai obat, atau bumbu dapur serta bermacam kepentingan yang lain, jahe bisa merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk menghidupkan nafsu makan serta pencernaan. Jahe yang dipakai juga sebagai bumbu masak terlebih bermanfaat untuk menaikkan nafsu makan, menguatkan lambung, serta melakukan perbaikan pencernaan. Hal semacam ini bisa saja lantaran terangsangnya selaput lendir perut besar serta usus oleh minyak atsiri yang dikeluarkan rimpang jahe.

Jahe putih atau jahe kuning besar yang dimaksud juga jahe gajah atau jahe badak. Rimpangnya besar serta gemuk, ruas rimpang lebih menggembung dibanding dengan ke-2 varietas yang lain. Type jahe ini dapat di mengkonsumsi baik waktu masih tetap muda ataupun telah tua. Dapat digunakan berbentuk jahe fresh atau jahe olahan.

Jahe putih atau jahe kuning kecil yang dimaksud dengan juga jahe sentil atau jahe emprit. Ruasnya kecil, aga rata hingga agak menggembung. Jahe ini dapat dipanen sesudah berusia tua. kandungan minyak atsirinya semakin besar daripada jahe gajah, hingga terasa lebih pedas serta seratnya lebih tinggi. Jahe ini pas untuk ramuan obat-obatan atau untuk diektrak jadi oleoresin serta minyak atsiri.

Sumber ace maxs

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat jahe untuk kesehatan tubuh"

Posting Komentar